Sabtu, 19 Januari 2013

Softskill Etika Bisnis


Nama : Angga Bimantoro
NPM : 11209920
Kelas : 4EA12

1.Prinsip-prinsip etika bisnis yang berlaku di Indonesia sangat dipengaruhi oleh system nilai masyarakat kita, Jelaskan!
Jawaban:
Karena masyarakat di Indonesia memiliki nilai-nilai budaya yang tidak bisa dikesampingkan begitu saja. Moralitas dan sosial sangat dibutuhkan agar etika bisnis tidak menjadi ajang untuk memperkaya diri, namun juga untuk kepentingan masyarakat umum dan Negara.

2.Mengapa prinsip no harm menjadi dasar jiwa dari semua aturan bisnis. Jelaskan menurut pendapat saudara!
Jawaban:
Agar tidak merugikan orang lain terutama lingkungan alam, yang sangat dibutuhkan oleh manusia.

3. Jelaskan menurut pendapat saudara bagaimana caranya merupakan prinsip-prinsip etika bisnis ini sehingga benar-benar operasional!
Jawaban: 
  • Pada saat berbisnis kita sebelumnya harus benar-benar mengetahui secara jelas apa dampak yang akan ditimbulkan dari bisnis itu sendiri terhadap orang lain dan terhadap diri kita sendiri. 
  • Dalam persiapan menjalankan bisnis kita harus mempersiapkan segala sesuatunya agar kita bisa memberikan kualitas dan hasil bisnis yang baik
4. Berkembang tidaknya suatu etos bisnis dalam sebuah perusahaan sangat ditentukan oleh gaya kepimpinan dalam suatu perusahaan tersebut. Jelaskan menurut pendapat saudara!
Jawaban:
Dalam suatu perusahaan sangat dibutuhkan pemimpin yang tegas, tertib, dan juga dapat mengayomi bawahannya, bukan sekedar memperkerjakan bawahannya demi mencapai keuntungan setinggi-tingginya saja, namun juga harus memenuhi kesejahteraan serta melindungi bawahannya tersebut.

5.Mengapa norma dan prinsip etika bersifat universal, Jelaskan menurut pendapat saudara!
Jawaban:
Karena mau di Negara mana pun bisnis itu berdiri dan berjalan, akan tetap berlaku etika bisnis yang mengaturnya, agar tidak terjadi kekacauan serta pihak-pihak yang dirugikan atas berlangsungnya suatu bisnis.

6. Apakah ada kaitannya antara moralitas dan hukum!
Jawaban:
Ada kaitannya. Moral itu adalah suatu adat serta nilai yang sudah tertanam dalam kehidupan tiap manusia. Moral itu berisi kaidah yang mengatur suatu perilaku agar tidak menyimpang. Oleh karena itu diperlukan hokum untuk member efek jera serta mengatur pelanggaran moral yang terjadi.

7. Apa yang dimaksud dengan prinsip integritas pribadi, berikanlah penjelasan dan contohnya!
Jawaban:
Agar dalam menjalankan bisnis kita harus menjaga nama baik kita sendiri dan perusahaannya maupun pemimpinnya. Hal ini mendorong kita untuk menjadi yang terbaik dan dapat dibanggakan.

8.Menurut pendapat renald khasali bahwa-bahwa masyarakat kita belum punya budaya korporatif apa maksudnya menurut pendapat saudara!
Jawaban:
Karena masyarakat Indonesia masih sangat terikat dengan tradisi dan sufat kedaerahan. Budaya korporasi menuntut kepercayaan dan seluruh nilai yang ada. Dengan menganut budaya korporasi maka yang paling berperan adalah orang-orang yang adala dalam suatu korporasi tersebut.

9.Mengapa keadilan menjadi nilai yang sangat dijunjung tinggi oleh segenap masyarakat. Jelaskan menurut pendapat saudara!
Jawaban:
Karena semua orang pada dasarnya memiliki hak dan derajat yang sama. Jadi keadilan harus ditegakkan, agar tidak ada yang tertindas.

10. Kesejahteraan buruh menuntut demokratis dan profesionalisme
Jawaban:
Karena buruh juga bekerja dengan profesional tinggi hanya untuk kemajuan suatu perusahaan. Jadi, sangat pantas para buruh menuntut perusahaan juga profesional dalam memenuhi kewajibannya terhadap buruh, terutama dalam hal kesejahteraan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar